SEJARAH MATARATU

Mahasiswa Tambang Batubara Bersatu (MATARATU) merupakan organisasi yang didirikan dan mulai dijalankan pada tanggal 09 Januari tahun 2009 yang mencangkup sebagai suatu Wadah/Himpunan Mahasiswa Prodi Teknik Pertambangan Batubara, Politeknik Akamigas Palembang yang pertama.
       Perkembangan era globalisasi yang sangat dinamis pada saat ini telah memberikan konsekuensi logis terhadap perubahan kebutuhan sumber daya manusia. Dewasanya sejalan dengan perkembangan waktu, Politeknik Akamigas Palembang telah memberikan konskuensi normatif terhadap terbentuknya suatu program Studi Teknik Petambangan Batubara bebarapa tahun yang lalu. Yang  dimana memang sandaran awalnya ialah Politeknik Akamigas Palembang Hanya bergelut dengan permigasan 
Namun, dengan melihat potensi-potensi sumber daya alam yang melimpah di rumah sendiri yang bukan hanya di migas saja, maka tepatnya ditahun 2008 tersebut tercetus dan terbangunlah jurusan Teknik Pertambangan Batubara yang nama besarnya dahulu ialah Teknik Pengolahan Batubara, bersamaan dengan itu  berdiri juga forum mahasiswa teknik tambang batubara yang bernama HMP-MATARATU.

VISI
        Menjadikan MATARATU sebagai suatu organisasi perhimpunan yang memiliki suatu potensi yang dapat menjadikan mahasiswa/i Teknik Pertambangan Batubara khususnya menjadi mahasiswa yang berintelektualitas yang tinggi, berkompeten dan berintegritas  dalam berprestasi serta selalu menjunjung rasa solidaritas dan persaudaraan yang erat selama dan/atau sesudah tidak berada di ruang lingkup Politeknik Akamigas Palembang.

MISI
1.       Mempererat silaturahmi antar mahasiswa tambang batubara
2.       Memperkokoh persatuan dan kesatuan antar anggota MATARATU
3.       Membina, mengembangkan serta menyebarkan kecintaan pada ilmu pertambangan kepada                   anggota  khususnya, dan kepada masyarakat umumnya.

Makna dari lambang HMP-MATARATU adalah :

“Keberanian dan Kebijaksanaan Hati dalam mencapai kesemakmuran mahasiswa  adil dan tidak memihak dengan bekal Wawasan yang luas serta mencintai karunia alam demi kesucian Indonesia”

PUTIH  : “Melambangkan Kesucian”
MERAH PUTIH  : “Melambangkan Nasionalisme”
8 BUCKET  : “Melambangkan Teknik Pertambangan Batubara Terbentuk Tahun 2008”
KUNING  : “Melambangkan Kesemakmuran Mahasiswa, Adil Dan Tidak Memihak”
BIRU  : “Melambangkan Berwawasan Yang Luas”
HIJAU  : “Melambangkan Mencintai Karunia Alam”
HITAM  : “Melambangkan Kebijaksanaan Hati”   
TPB MERAH  : “Melambangkan Keberanian”  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar